Sabtu, 10 Juli 2010

Van Bronchorst atau Cassilas yang angkat trophy?

Piala Dunia 2010 memasuki babak akhir dalam perjalanannya, pertandingan awal yang dimulai oleh tuan rumah Afrika Selatan melawan Meksiko pada tanggal 11 juni akan diakhiri malam ini tanggal 12 juli sebagai pertandingan pamungkas yang akan mempertemukan belanda melawan spanyol.

De oranje dengan sepakbola pragmatisnya yang dikecam bahkan oleh legenda masa lalunya Johann cruyff mampu membalikkan prediksi banyak pengamat yang banyak menjagokan brazil yang akan bertemu spanyol di final. Walau banyak dikecam karena sebenarnya the flying dutchman dikenal sebagai negara yang selalu mempertontonkan sepakbola indah total voetbal sejak era 70 an tapi der trainer bert van marwijk tetap bersikukuh dengan pendiriannya untuk memainkan sepakbola pragmatis yang sedang tren di era sepakbola modern ini. Dengan"kekeras kepalaan Van Marwijk', Holland akhirnya mampu mencapai final piala dunia ketiganya setelah tahun 1974 dan 1978, dimana di kedua final tersebut de netherlands di tundukkan oleh tim tuan rumah.

Dengan menginstruksikan pemain depan agar membantu pertahanan jika belanda dalam tekanan, maka kekuatan tembok pertahanan de oranje semakin kuat. Kekuatan belanda bertumpu pada Van bommel yang jika nigel de jong diturunkan akan berfungsi sebagai pemutus serangan lawan sekaligus sebagai pembuka serangan belanda. Didepan mereka ada trio maut Wesley sneijder, Dirk Kuyt dan arjen robben, sebagai pensuplai bola matang buat sang striker Robin Van Persie yang agak mandul di piala dunia kali ini. Tapi kekurangan Van Persie dalam mencetak gol dapat ditutupi oleh trio sneijder, Robben dan kuyt. Dibelakang ada kuartet Van der wiel, Heitinga, Mathijsen, dan Van Bronchorst didepan kiper stekelnburg. Dimana Van der wiel dan Van Bronchorst berfungsi sebagai bek sayap.

Spanyol datang ke South Africa 2010 dengan sebagian besar pemain yang membawa La Furia Roja menjuarai Euro 2008. Pelatih Vicente del Bosque mengambil tongkat estafet kepelatihan dari Luis Aragones. Di tangan Vicente Del bosque pelatih yang sukses menangani real madrid, Espana tetap menjadi kekuatan yang menakutkan jelang World Cup 2010. Sempat gagal di Piala konfederasi dan beberapa uji coba jelang piala dunia. Sang pelatih belajar banyak dari kegagalan2 tersebut. Prestasi terbaik spanyol adalah semifinalis piala dunia 1950 di brazil. Setelah itu prestasi terbaiknya adalah dua kali menjuarai Euro.

Kekuatan Spanyol yang memainkan Possesion Football bertumpu kepada sejumlah pemainnya yang bermain di La liga terutama Barcelona dan Real Madrid. Dengan Pique dan Puyol didepan kapten sekaligus kiper Iker Cassilas serta Capdevilla dan Sergio Ramos sebagai bek sayap maka kekuatan Spanyol sangat kuat di belakang. Ditengah ada Xabi Alonso dan Busquet sebagai jangkar pemutus serangan lawan sekaligus pelindung bagi duo attacker Midfielder Xavi dan Iniesta La Furia Roja akan akan sangat bisa memenangkan duel di lini tengah dan memainkan bola lebih banyak. Didepan ada duet maut Fernando Torres dan striker yang mengincar golden boot di piala dunia kali ini ,David Villa. Atau jika spanyol mengalami kebuntuan krn mandulnya Torres , Del Bosque bisa memasukkan Fabregas agar lini tengah espana semakin kuat.

Dalam sejarahnya spanyol sudah bertemu sebanyak 8 kali dengan belanda dengan jumlah kemenangan masih memihak belanda. Dimana De Netherlands menang 4 kali, Spanyol menang 3 kali dan seri sekali. Untuk kali ini tim mana yang akan mencatatkan sejarah untuk pertama kalinya merebut piala dunia. saya menjagokan spanyol....mungkin anda punya pendapat berbeda well kita tunggu final yang bersejarah kali ini. Salam Sepakbola

Tidak ada komentar:

Posting Komentar