Minggu, 18 April 2010

Tips mengatasi mimisan pada anak

Bagaimana bila melihat keponakan atau anak kita berdarah di hidung atau mimisan mungkin kita akan panik, padahal mimisan wajar pada masa kanak-kanak. Penyebabnya bisa alergi, kebiasaan mengusap-usap hidung, serta udara panas dan kering sehingga selaput lendir hidung rentan terkena iritasi. Pilek yang tidak sembuh-sembuh.
Nah mungkin beberapa tips ini bisa dapat membantu anda mengatasi anak yang sedang mimisan :
  1. Sandarkan si kecil ditempat duduk dalam posisi menghadap kedepan. Kemudian ajak dia untuk sedikit menundukkan kepala. Tujuannya untuk mencegah darah mengalir kearea belakang tenggorokan yang bisa membuatnya tersedak.
  2. Tenangkan si kecil dari rasa panik. Rasa ini timbul karena melihat darah segar mengalir dari hidungnya. Yakinkan dirinya, bahwa sikecil dalam keadaan baik, karena ditemani anda. Anda dapat juga menginformasikan kalau dari mimisan, anak-anak hanya kehilangan darah sebanyak satu sendok makan.
  3. Segera usap dan bersihkan dengan perlahan-lahan dengan handuk berwarna gelap. Tujuannya agar membantu menghilangkan kekhawatiran si kecil melihat bercak darah yang ada.
  4. Tekan kedua cuping hidung si kecil dengan lembut sampai tertutup dengan jempol dan jari telunjuk anda.
  5. Pantang untuk memasukkan tissue ke dalam lubang hidung anak, masalahnya tindakan ini memungkinkan terjadinya penyumbatan akibat serbuk tissue yang tertinggal di hidung.
  6. Bila mimisan tidak berhenti selama 10 menit, tekan kembali kedua cuping hidungnya selama 10 menit.
  7. Sebagai alternatif anda bisa memakai cara tradisional. Gulunglah selembar daun sirih dan masukkan sebentar saja kedalam hidung si kecil. Secara tradisi, cara ini dapat diyakini dapat membuat aliran darah dari hidung berhenti.
Namun patut dingat apabila mimisan terus menerus disertai kondisi berkeringat atau pucat. Segera bawa si kecil ke dokter agar dapat penanganan lebih lanjut.(Sumber Kompas).

Tidak ada komentar:

Posting Komentar